AGEN POKER | CARA DAFTAR POKER ONLINE INDONESIA TERPERCAYA

Di Depan Jokowi, Menag: Indeks Kepuasan Jemaah Haji 2018 Sebesar 85,23

Jakarta – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin melaporkan peningkatan indeks kepuasan jemaah haji di Indonesia kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Berdasarkan data BPS, indeks tahun 2018 sebesar 85,23 dari skala 100.

“Indeks kepuasan jemaah haji, kita bersyukur indeks kepuasan meningkat. Pada 2014 di angka 81,52, tahun kemarin (2018) menjadi 85,23,” ujar Lukman dalam acara silaturahmi Presiden dengan rektor Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri dan Kepala Kantor Wilayah Kemenag se-Indonesia di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (25/1/2019) malam.

Lukman mengatakan angka tersebut sangat memuaskan. Ke depannya, pemerintah tetap akan meningkatkan kualitas pelayanan ibadah haji.

“Jadi untuk pertama kalinya dalam sejarah perhajian di Indonesia, pada 2018 kemarin untuk pertama kalinya kita mendapat indeks kepuasan jemaah di atas 85. Itu artinya sangat memuaskan di mata jemaah. Tentu ini hal yang perlu disyukuri dan tantangan agar capaian dapat dipertahankan dan ditingkatkan di masa mendatang,” sebutnya.
Dalam pertemuan ini, Lukman sekaligus melaporkan pelaksanaan Rakernas Kemenag 2019, yang ditutup pada hari Rabu (23/1). Rakernas mengusung tema ‘moderasi beragama untuk kebersamaan umat’.

“Kami ingin meneguhkan komitmen, membumikan nilai agama agar bisa dijalankan dengan bertanggung jawab sehingga kehidupan Indonesia yang dikenal sebagai agamis tidak tercerabut dari dirinya di mana agama selalu jadi dasar setiap anak bangsa sekaligus arah kita berbangsa dan bernegara,” papar Lukman.

Pertemuan ini dilangsungkan sejak pukul 20.25 WIB. Untuk selanjutnya, Jokowi memberikan pidatonya secara tertutup.
(dkp/gbr)