AGEN POKER | CARA DAFTAR POKER ONLINE INDONESIA TERPERCAYA

Mendagri Minta 5 Pemprov Siapkan Lahan Pembangunan Pos Lintas Batas Negara

Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meminta lima provinsi segera menyiapkan lahan pembangunan pos lintas batas negara (PLBN). Lima provinsi tersebut adalah Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Papua, dan Nusa Tenggara Timur.

“Gubernur dan bupati/wali kota di lima provinsi, Kepri (Kepulauan Riau), Kalbar (Kalimantan Barat), Kaltara (Kalimantan Utara), Papua, dan NTT (Nusa Tenggara Timur) yang menjadi lokasi pembangunan 11 PLBN tahun 2019 agar memberikan dukungan, antara lain berupa koordinasi dan penyiapan lahan, pengalihan atau hibah aset, percepat proses perizinan, serta fasilitasi pembangunannya,” ucap Tjahjo dalam keterangannya, Selasa (29/1/2019).

Pembangunan 11 PLBN itu tertuang dalam Inpres Nomor 1/2019. Pembangunan itu melibatkan Menko Polhukam, kementerian dan lembaga, pemerintah provinsi, hingga pemerintah kabupaten terkait.


Sementara itu, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menyebut pembangunan PLBN harus terkoordinasi antar-lembaga dan kementerian. Sementara itu, koordinasi dipegang oleh Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP).

“Dengan akan berakhirnya RPJMN (2015/2019) dan Rencana Induk Pengelolaan Perbatasan Negara Tahun 2015-2019, pelaksanaan kegiatan pembangunan di perbatasan oleh kementerian/lembaga harus lebih digalakkan dan dioptimalkan sesuai Reaksi Pengelolaan Perbatasan Negara Tahun 2019 di bawah koordinasi BNPP, serta perlu dilakukan refocusing kegiatan-kegiatan pembangunan perbatasan,” kata Wiranto.

Berikut ini adalah 11 PLBN yang akan dibangun:

1. PLBN Serasan di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau
2. PLBN Jagoi Babang di Kabupaten Bengkayang, Provinsi Kalbar
3.PLBN Sei Kelik di Kabupaten Sintang, Provinsi Kalbar
4. PLBN Long Nawang di Kabupaten Malinau, Provinsi Kaltara
5. PLBN Long Midang/Krayan di Kabupaten Nunukan, Provinsi Kaltara
6. PLBN Labang di Kabupaten Nunukan, Provinsi Kaltara
7. PLBN Sei Nyamuk di Kabupaten Nunukan, Provinsi Kaltara
8. PLBN Oepoli di Kabupaten Kupang, Provinsi NTT
9. PLBN Napan di Kabupaten Timor Tengah Utara Provinsi NTT
10. PLBN Yetetkun di Kabupaten Boven Digoel, Provinsi Papua
11 PLBN Sota di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua.
(aik/mae)