AGEN POKER | CARA DAFTAR POKER ONLINE INDONESIA TERPERCAYA

Punya Buku Bekas? Yuk Sumbangkan ke Perpustakaan Keliling di Riau

Pekanbaru – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Pemkot Pekanbaru membuat program mendangtangi LP Anak dan Perempuan dengan mobil kelilingnya. Tapi sebenarnya pihak perpustakaan ini masih kekurangan buku.

“Setiap hari Sabtu mobil perpustakaan keliling kita mendatangi LP Anak dan Perempuan agar mereka tetap bisa membaca. Namun kami sebenarnya masih banyak kekurangan buku,” kata Kepala Dispusip Pekanbaru, Ir Nelfiyonna Msi kepada detikcom, Selasa (29/1/2019).

Nelfi menjelaskan, jumlah buku yang tersedia di tempatnya dirasakan masih kurang. Satu sisi, dengan keuangan Pemkot Pekanbaru yang terbatas, sehingga untuk menambah buku lainnya belum bisa maksimal.


Karena itu, pihaknya mengetuk hati masyarakat untuk ikut membantu Perpustakaan Keliling dengan menymbangkan buku bekas. Buku-buku bekas yang sudah tidak dibaca lagi diharapkan bisa disumbangkan ke Dispusip Pekanbaru.

“Buku yang sudah dibaca yang mungkin ditumpuk di rumah, sebaiknya disumbangkan kepada kami. Buku-buku akan berguna buat masyarakat lainnya yang akan membaca di perpustakaan kami,” kata Nelfi.

Selama ini, kata Nelfi, pihaknya menerima sumbangan buku dari berbagai elemen masyarakat. Termasuk sumbangan buku dari sejumlah karyawan perusahaan minyak.

“Kita ada juga menerima buku sumbangan dari karyawan. Walau buku yang disumbangkan dalam bentuk bahasa Inggris,” kata Nelfi.

Walau masih banyak membutuhkan buku bacaan, kata Nelfi, pihaknya kini juga membuat sistem pinjam buku lewat digital. Dispusip Pekanbaru membuat program digital iPekanbaru yang bisa diunduh di play store.

“Pengguna digital bisa baca buku yang kami sedikan di iPekanbaru,” kata Nelfi.

Dalam program baca buku digital ini, katanya, pembaca bisa memesan tiga judul buku. Pengunjung di iPekanbaru bisa memilih jenis buku yang tersedia di rak digital tersebut.

“Untuk membacanya, cukup menggunakan internet sebentar, setelah itu bukunya bisa dibaca secara offline. Jadi memudahkan pembaca, apa bila habis masa pinjamannya secara otomatis akan terhenti sendiri. Kalau sampai batas waktu pinjam belum selesai baca, bisa dipinjam ulang,” tutup Nelfi.

(cha/asp)