AGEN POKER | CARA DAFTAR POKER ONLINE INDONESIA TERPERCAYA

Relasi Jokowi-Anies yang Tetap Harmonis

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tetap punya relasi yang harmonis. Relasi itu tak berubah meski banyak yang menduga keduanya punya masalah.

“Orang banyak yang mengira saya dan Pak Anies itu ada masalah,” kata Jokowi di Gedung Serbaguna Suku Dinas Pemuda dan Olahraga Jakarta Barat, Cengkareng, Rabu (9/1) lalu.

Jokowi mengucapkan itu saat pembagian 3.000 sertifikat tanah untuk warga Jakarta Barat.

Jokowi dan Anies saat meninjau MRTJokowi dan Anies saat meninjau MRT (Foto: Iin Yumiyanti/detikcom)

Saat itu Jokowi mengatakan dirinya masih sering bercanda tiap kali bertemu. Jokowi seolah ingin memberi contoh bahwa pilihan politik jangan sampai merusak silaturahmi.

“Padahal tiap hari ketemu guyonan (bercanda), tapi di bawah ini yang malah… ini yang perlu saya ingatkan,” kata Jokowi.

“Sekali lagi, jangan sampai pilihan gubernur, wali kota, pilihan presiden kita jadi kayak nggak bersaudara, antarkampung nggak saling ngomong gara-gara pilpres, pilgub,” tutur Jokowi.

Sebelum acara penyerahan sertifikat, Jokowi-Anies sempat blusukan menelusuri gang sempit dan becek di daerah Tambora, Jakbar. Keduanya meninjau program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) binaan Pemodalan Nasional Madani (PNM).

Keduanya sempat berbincang dengan warga serta foto bersama. Jokowi-Anies juga memborong gorengan dan krupuk yang dijual ibu-ibu pegiat UKM.

Keduanya beberapa kali bertemu di Stadion GBK saat menonton pertandingan sepakbolaKeduanya beberapa kali bertemu di Stadion GBK saat menonton pertandingan sepakbola (Foto: Laily Rachev/Biro Pers Setpres)

Selang dua minggu kemudian, Jokowi-Anies kembali bertemu dalam acara pembagian 30.000 sertifikat untuk warga Jakarta Pusat. Kali ini Anies yang menunjukkan hubungan harmonis di antara keduanya.
Anies memuji program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) yang menurutnya nyata dirasakan masyarakat. Dalam acara itu hadir sebanyak 3.000 orang di Jakpus yang mendapatkan sertifikat tanah. Total, ada 30 sertifikat tanah yang diserahkan pada siang hari itu.

“Dalam kesempatan ini, izinkan kami sampaikan terima kasih dan apresiasi atas program yang nyata-nyata dirasakan manfaatnya oleh warga Jakarta,” ucap Anies saat acara penyerahan sertifikat di Lapangan Sepakbola Arcici, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Sabtu (26/1).

Anies berharap kerja keras dari Jokowi serta jajaran Kementerian Agraria dan Tata Ruang Republik Indonesia bisa bermanfaat untuk masyarakat. “Insyaallah semoga ini jadi manfaat, menjadi sesuatu yang membawa berkah bagi kita semua,” ucap Anies.

Jokowi dan Anies saat di Tambora, Jakarta BaratJokowi dan Anies saat di Tambora, Jakarta Barat (Foto: Ray Jordan/detikcom)

Sebagaimana diketahui, Anies merupakan juru bicara timses Jokowi-Jusuf Kalla di Pilpres 2014. Setelah Jokowi-JK menang, Anies masuk Kabinet Kerja sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud).

Pada 2016, Anies salah satu menteri yang di-reshuffle Jokowi. Dua bulan berselang, tepatnya pada September 2016, Anies maju sebagai calon Gubernur DKI Jakarta dan diusung Gerindra-PKS, dua parpol yang berseberangan dengan pemerintah ataupun Koalisi Indonesia Kerja (KIK) pendukung Jokowi untuk Pilpres 2019.

Meski ada beda arah politik di partai pengusung masing-masing, nyatanya Jokowi-Anies masih kerap melakukan kegiatan bersama. Pada masa pra-Asian Games 2018, Jokowi-Anies meninjau proyek Moda Raya Terpadu (MRT). Keduanya juga sempat beberapa kali nonton pertandingan sepakbola saat timnas bertanding di Stadion GBK.

Jokowi berbincang dengan ibunda Anies Baswedan, Aliyah RasyidJokowi berbincang dengan ibunda Anies Baswedan, Aliyah Rasyid (Foto: Dok. Istimewa)

Dan soal pujian, Jokowi pun pernah mengapresiasi Anies terkait dibuatnya pelican crossing di dekat Bundaran HI. Jokowi setuju dengan hadirnya pelican crossing memudahkan para pejalan kaki. Dalam kesempatan itu, Jokowi sempat berbincang dengan ibunda Anies, Aliyah Rasyid.

Tidak sampai di situ. Jokowi secara terbuka pernah memuji kinerja Anies yang mencetuskan pelican crossing di dekat Bundaran HI. Jokowi menilai kehadiran pelican crossing yang menggantikan jembatan penyeberangan orang (JPO) itu mempermudah para pejalan kaki.

“Ya kan bagus, bagus. Artinya kan sebetulnya fasilitas-fasilitas pelican crossing ini akan memudahkan masyarakat untuk tidak usah naik tinggi-tinggi, itu yang pertama. Dan yang kedua, saya melihat dari sisi estetika jembatan penyeberangan orang kalau di sini secara estetika ganggu,” ujar Jokowi di trotoar Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, 2 Agustus 2018.

Relasi Jokowi-Anies yang Tetap HarmonisJokowi dan Anies naik bajaj bersama (Foto: Mei Amelia Rahmat/detikcom)

(jbr/aud)