AGEN POKER | CARA DAFTAR POKER ONLINE INDONESIA TERPERCAYA

Sandi Kunjungi Fariz Wibisono, Milenial Wonogiri Pembuat Wayang Beber

Wonogiri – Sandiaga Salahuddin Uno menyebut kagum pada Fariz Wibisono. Pemuda 26 tahun ini menekuni usaha pembuatan wayang beber yang mulai punah. Wayang digambar di kertas daluang. Kertas ini digunakan para leluhur di Jawa untuk menulis Alquran dan karya sastra.

Menurut Sandi, ini contoh luar biasa milenial yang mencari peluang ekonomi kreatif dengan memaksimalkan apa yang ada di lingkungan sekitarnya.

“Fariz adalah contoh milenial yang mencari terobosan ekonomi kreatif. Tak hanya memberdayakan desa, tapi juga menjaga nilai-nilai tradisional dan kebijakan lokal dengan membuka lapangan kerja untuk masyarakat sekitarnya. Fariz adalah milenial yang bukan mencari kerja, tapi menciptakan lapangan kerja,” ucap Sandi ketika datang ke bengkel seni Fariz di Bale Pasunggingan, Sedayu, Pracimantoro, Wonogiri, Jawa Tengah, Selasa (29/1/2019).


Fariz mengaku senang disambangi Sandi. Pengusaha nasional ini lantas diajak berkeliling melihat sanggar Fariz, termasuk workshop pembuatan wayang beber di atas kertas daluang.
“Terima kasih banyak buat Pak Sandi yang datang ke tempat kami di pelosok, dusun yang sederhana ini. Saya hanya mencoba melestarikan budaya wayang beber yang hampir punah. Termasuk senimannya dan bahan untuk pembuatan wayang beber sampai pewarnaannya. Matur sembah nuwun (terima kasih), Pak Sandi,” terang Fariz.

Fariz juga mengajarkan cara menanam hingga proses pengolahan daluang sampai dapat dimanfaatkan. Kini ratusan karyanya dengan memanfaatkan daluang telah menghasilkan nominal yang menggiurkan. Daluang berukuran 30×30 cm yang digambar dijual dengan harga sekitar Rp 1,5 juta.

Selain itu, ia mendirikan komunitas wayang beber tani untuk melestarikan wayang beber tani.

Sementara itu, di luar sanggar, puluhan warga menunggu untuk berswafoto dan berjabat tangan dengan calon wakil presiden nomor urut 02 tersebut.

(idr/ega)