AGEN POKER | CARA DAFTAR POKER ONLINE INDONESIA TERPERCAYA

Sandiaga Kenang Sosok Eka Tjipta Widjaja: Beliau Berjuang dari Usaha Kecil

Jakarta – Cawapres Sandiaga Uno berbicara soal sosok pendiri Sinar Mas Group, Eka Tjipta Widjaja. Menurut Sandiaga, pria yang meninggal di usia 98 tahun itu adalah sosok yang luar biasa.

“Saya berduka cita dan berbelasungkawa kepergian Pak Eka. Beliau adalah salah satu pengusaha yang betul-betul berjuang dari usaha kecil sampai menjadi salah satu yang terbesar di Asia,” ujar Sandiaga, saat melayat di Rumah Duka Sentosa di Kompleks RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Minggu (27/1/2019).

Sandiaga pun terkenang akan nasihat-nasihat yang diberikan Eka Tjipta di awal karirnya sebagai pengusaha. Saat itu, Eka Tjipta mengatakan dalam berbisnis butuh kerja keras dan networking.

“Kalau bisnis mau besar itu harus kerja keras dan networking atau berjejaring, banyak teman, silaturahmi, banyak teman banyak rezeki,” katanya.

Eks Wagub DKI Jakarta itu mengaku selalu meminta nasihat kepada Eka Tjipta semasa sang pengusaha hidup. Misalnya, kala dirinya diangkat sebagai Ketua Umum Hipmi.

“Saya waktu diangkat pertama kali sebagai Ketum Hipmi berkunjung ke beliau sekitar 12-13 tahun lalu dan beliau sampaikan bisnis selain buka peluang usaha tapi pertemanan. Beliau bangun jejaring tak hanya di Indonesia tapi juga China, Hongkong dan kita lihat bagaimana ekspansi bisnis Sinar Mas adalah hasil kepemimpinan beliau. Sekarang sudah dikerjakan generasi kedua, Sinar Mas terus bertumbuh,” tutur Sandiaga.

Sandiaga pun mengaku sangat kehilangan sosok Eka Tjipta. Dia berharap, apa yang dirintis oleh Eka Tjipta dapat dilanjutkan.

“Mudah-mudahan apa yang dirintis terus menjadi mitra pemerintah Indonesia membuka lapangan kerja seluasnya, butuh dunia usaha yang kuat, dunia usaha yang kuat perlu ditopang kebijakan-kebijakan pemerintah yang pro terhadap penciptaan lapangan kerja yang baru dan berkualitas. Ini yang kami yakini sebagai hal penting yang kita serap dari inspirasi tokoh Pak Eka,” katanya.

Eka Tjipta Widjaja tutup usia di 98 tahun pada Sabtu malam (26/1). Eka rencananya akan dimakamkan pada tanggal 2 Februari 2019 di Karawang.
(mae/nvl)