AGEN POKER | CARA DAFTAR POKER ONLINE INDONESIA TERPERCAYA

Tommy Tjokro-Anisha Dasuki Moderator, Ma’ruf: Yang Penting Jujur, Netral

Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) memutuskan debat capres kedua akan dimoderatori Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki. Cawapres nomor urut 01, KH Ma’ruf Amin mengatakan KPU punya kewenangan untuk menunjuk moderator debat.

“Mereka yang punya kewenangan untuk menetapkan dan mengatur di forum debat calon presiden dan calon wakil presiden,” ujar Ma’ruf lewat keterangan tertulis yang diterima, Minggu (27/1/2019).

Ma’ruf menyampaikan hal ini saat Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Sabtu (26/1). Dia tak mempersoalkan Tommy dan Anisha yang ditunjuk sebagai moderator. Dia mengatakan poin penting dari moderator ialah tidak berpihak dan tidak menyudutkan salah satu pasangan calon tertentu.

“Yang penting jujur, netral, tidak memihak dan tidak menyudutkan. Itu saja,” kata Ma’ruf.
Pada debat yang digelar Minggu (17/2) nanti, debat hanya akan diikuti capres Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto. Ma’ruf mengatakan akan memberi dukungan kepada Jokowi.

“Insyaallah, kita pasti mendukung,” tutur Ma’ruf.

KPU menetapkan Tommy dan Anisha sebagai moderator setelah melakukan pembahasan perwakilan dua pasangan calon. Paslon 01 Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin diwakili Arya Bima, sedangkan paslon 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno diwakili Priyo Budi Santoso.

“Sebagaimana ditentukan dalam undang-undang, KPU dalam menetapkan moderator debat harus mendapatkan persetujuan masing-masing paslon. Debat kedua nanti moderator ya, kami tetap gunakan pola dua moderator. Pertama, Tommy Tjokro; kedua, Anisha Dasuki. Nanti akan kita hubungi,” kata Ketua KPU RI Arief Budiman saat penetapan di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (25/1).

Debat kedua akan dilaksanakan pada 17 Februari 2019 di Hotel Sultan, Jakarta. Tema yang diangkat adalah energi, pangan, sumber daya alam, lingkungan hidup dan kehutanan, serta infrastruktur.
(jbr/aud)